Public Relation
Merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan, membangun, dan menjaga kepercayaan serta nama baik sebuah perusahaan maupun organisasi
4 Model Public Relation Menurut James E. Grunig dan Todd Hunt (1984) :
- Model Agen Pemberitaan : Model komunikasi ini merupakan model komunikasi satu arah. dalam model ini Komunikator hanya memberikan informasi dan tidak terlalu mengkhawatirkan feedback yang datang dari publik. Model ini memiliki ciri khas yaitu bersifat persuasif untuk mempengaruhi publik seperti yang direncanakan komunikator sehingga publik merasa tertarik dengan informasi yang diberikan
- Informasi Publik : Model ini masih merupakan model komunikasi satu arah, namun model ini tidak menggunakan sifat persuasif atau promosi melainkan hanya memberikan informasi. model ini mewakili praktik public relation di pemerintahan, organisasi nirlaba, lembaga pendidikan dan beberapa korporasi. ciri khas model ini adalah penggunaan media (koran,brosur,majalah) yang memberikan informasi mengenai perusahaan dan berisi lebih banyak kebenaran. model ini tidak menggunakan riset terlebih dahulu.
- Model Asimetris Dua Arah : Model ini menggunakan komunikasi dua arah namun masih tidak seimbang. Model ini melakukan riset ilmu sosial terlebih dahulu untuk mengetahui efektivitas pesan yang akan disampaikan serta melakukan perencanaan sehingga mendapat dukungan dari publik. pihak komunikator tidak menggunakan banyak sumber daya untuk mengetahui reaksi publik.
- Model Simetris Dua Arah : Model ini menggunakan komunikasi dua arah dan lebih seimbang. model ini menggunakan penyesuaian dan penyelesaian masalah yang terjadi sehingga organisasi maupun publik mendapatkan pengertian dan pemahaman yang sama. model ini lebih baik karena saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar