Proses penelitian untuk mengumpulkan data yang digunakan untuk membuat perancanaan serta melaksanakan program yang bertujuan untuk mencapai pengertian bersama.
proses ini melewati 4 tahap untuk membuat suatu program public relation yang baik.
4 tahap Manajemen Publik Relation
- Menentukan Masalah
Pada tahap ini, seorang PR bertugas mencari informasi atau melakukan riset untuk mengetahui tentang masalah yang sedang terjadi. data informasi tersebut diperlukan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
2. Merencanakan dan Menyusun Program
di tahap ini, perencanaan dan tujuan program dapat dirumuskan / diketahui. tahap ini menjawab tentang "apa yang harus dilakukan?" sehingga cara menyelesaikan masalah yang terjadi di lingkungan publik dapat diketahui.
3. Aksi dan Komunikasi
Tahap ini adalah tahap dimana pelaksanaan perencanaan program dijalankan. Segala yang dilakukan harus sesuai dengan perencanaan. tahap ini menjawab "bagaimana cara untuk melaksanakan program"
4. Evaluasi
Tahap terakhir adalah evaluasi yaitu tahap menilai dan mengetahui tentang kegiatan yang suadah dilakukan. kekurangan dan kesalahan atau ketidaksesuaian dengan perencanaan dapat diketahui pada tahap ini, sehingga perbaikan dapat dilakukaan. tahap ini menjawab tentang "apa yang sudah dilakukan?"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar